gravity adventure

18/12/10

8 Tips cara menghemat bandwidth internet volume base

Do you want to share?

Do you like this story?

Bagi sobat yang berlangganan internet paket volume base, tentunya terkadang merasa khawatir dengan pemakaian internetnya. "Jangan-jangan jebol!". Seandainya begitu, sobat bisa mencobat tips berikut, cara menghemat bandwidth internet volume base.


1. Non aktifkan images
Untuk melakukan hal ini anda tingal masuk ke tools >> option >> content. Hilangkan tanda centang pada kata load images automatically (pada mozilla). Untuk Internet Explorer dan browser lainnya anda tinggal menghilangkan opsi ini pula.

2. Non Aktifkan Javascript
Sama seperti ulasan diatas javascript juga digunakan oleh browser untuk menerima perintah dari server dan diterjemahkan sebagai html bagi browser untuk ditampilkan ke pengguna internet. Javascript diperlukan oleh beberapa situs untuk mengalihkan parameter-parameter tertentu, fungsi forward otomatis, refresh otomatis dll.

Berhubung fungsi-fungsi tersebut dapat membebani volume data maka pada koneksi internet dengan volume based javascript juga harus dinonaktifkan. Walaupun demikian perlu diingat bahwa banyak sekali situs internet yang memerlukan javascript. Anda harus mengaktifkannya untuk membuka facebook, Google AdSense hingga ppc lokal seperti kliksaya

Untuk menonaktifkan javascript pada mozilla anda bisa membuka menu tools >> option >> content dan hilangkan tanda centang pada kata javascript.

Sebagai perbandingan setelah saya menonaktifkan java dan javascript, Ketika saya harus mengupdate blog dan membalas pesan di forum, saya bisa menghemat pemakaian volume based internet hingga 2.500 kb lebih kecil dibandingkan hari sebelumnya (dengan pemakaian yang relatif sama tanpa menonaktifkan java dan javascript)


3. Install Add-ons Adblock Plus.
Plugin ini berfungsi untuk mengeblok iklan-iklan yang muncul di suatu situs kalo kita membuka situs tersebut.
Untuk firefox anda bisa menginstall add-ons Adblock plus (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1865).
add-ons firefox ini mampu mengeblok iklan gambar dan iklan flash.


4. Menggunakan program kompresi images seperti toolnel.
Dengan program ini, maka data akan dikompres terlebih dahulu sebelum masuk ke komputer kita.
Anda bisa mendownload di http://www.toonel.net/downloads.html

5. Menggunakan Web mail yang support AJAX
Gunakan layanan email yang support AJAX dimana tampilan bekerja efisien sehingga data yang kita download lebih kecil. Web mail yang support AJAX antara lain GMail dan Yahoo Mail dengan versi barunya.

6. Gunakan salah satu browser saja.
Gunakan salah satu browser saja, misalnya kalau Firefox gunakanlah Firefox terus, kl Internet Explorer gunakanlah Internet Explorer terus, jangan berpindah-pindah.
Karena setiap browser memiliki cache sendiri, sehingga jika Anda membuka situs yang sudah pernah anda kunjungi, maka browser tersebut tidak akan mendownload seluruh data lagi, karena beberapa sudah tersimpan di browser komputer anda berupa cache.

7. Gunakan saja firefox
Firefox memiliki keunggulan yaitu downloadnya lebih kecil di bandingkan dengan browser lainnya, jadi lebih cepat dan hemat bukan. selain itu firefox memiliki banyak sekali add ons yang dapat digunakan untuk optimasi browsing anda.

8. Mematikan setting update automatic.
Mematikan setting update automatic pada windows, antivirus maupun software yang lain dan pindah ke setting ke manual update. Karena ada beberapa program yang kita install melakukan download update secara otomatis.jika update otomatis maka bandwitdh akan terpakai banyak sekali, karena update seperti itu memakan bandwitdh yang besar .

http://klikmenurutsaya.blogspot.com/2009/05/tips-hemat-internet-volume-based.html
http://awangjivi.com/tips-menghemat-bandwitdh-internet-anda/

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 comments:

redy mengatakan...

wah makasih infonya..ijin copy bro..salam

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements