gravity adventure

19/03/15

Sawi Hijau Tumbuh Subur dengan Musik klasik, Lho!

Do you want to share?

Do you like this story?

Terkecuali mempunyai dampak pada perubahan bayi serta balita, musik klasik untuk bayi juga nyatanya dapat merubah perubahan serta produktivitas binatang serta tumbuhan. Salah satu tehnologi yang dipakai pada tumbuhan yaitu sonic bloom.

Tehnologi Sonic Bloom adalah tehnologi terobosan yang dipakai untuk bikin tanaman tumbuh dengan baik. Sonic Bloom memakai gelombang nada frekwensi tinggi yang berperan meningkatkan membukanya mulut daun (stomata) yang dipadukan dengan pemberian nutrisi.


Riset yang dikerjakan oleh Joko Prasetyo, Tineke Mandang serta I Dewa Made Subrata dari Departemen Tehnik Mesin serta Biosistem Institut Pertanian Bogor (IPB) membahas pemakaian gelombang bunyi dengan beragam type nada (musik classic, bising kendaraan serta mesin industri).

“Hasil dari penelitian ini memberikan indikasi bahwa paparan nada musik classic, noise serta kombinasi keduanya sepanjang tiga jam, mulai jam 07. 00 sampai jam 10. 00 bisa tingkatkan aspek morfologi serta produktivitas sawi hijau bila dibanding dengan tanaman kontrol, ” tutur Joko, sekian waktu lalu di Universitas IPB.

Pemaparan musik classic (nada biola) adalah perlakuan paling baik. Hal semacam ini diperlihatkan dengan penambahan daya berkecambah sebesar 15 %, tinggi tanaman sebesar 13, 5 %, lebar daun sebesar 14, 8 %, panjang daun sebesar 14, 2 % serta berat basah sebesar 57, 1 %.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements